blAjar Mm DGAN Cepat

Bicara Matematika
Skip to content
Home
Catatan Pinggir
Lumbung
Siapa Saya?
Tautan

← “Cinta Pertama, Susah Lunturnya”
Memikat dengan Rumus-rumus “Cepat” →
July 2, 2007 · 1:06 am
↓ Jump to Comments
Rahasia Rumus-rumus “Cepat” Matematika

Oleh: Al Jupri

Dulu, ketika saya masih baru menjadi mahasiswa baru tingkat pertama, saya berkenalan dengan salah seorang mahasiswa baru lainnya yang di kemudian hari menjadi teman baik saya. Ketika awal perkenalan, kami pun ngobrol kesana-kemari. Tanya sana-tanya sini. Jawab sana, jawab sini. Hingga ia pun akhirnya bercerita bahwaa nilai tes Matematika Dasar-nya, yaitu salah satu mata pelajaran yang diujikan di UMPTN*, adalah 100 alias benar semua.

Mendengar ceritanya tersebut, saya pun terkagum-kagum dibuatnya. Dalam pikiran saya, saya berkesimpulan “Wah ia pasti orang yang sangat pandai”. Rasa kagum saya mendorong rasa ingin tahu saya tentang pengetahuannya dalam matematika. Akhirnya, dalam masa awal perkenalan itu, saya ajak ia ngobrol tentang matematika yang sudah pernah kami pelajari ketika semasa SD sampai SMA dulu.

Dari obrolan tersebut, saya jadi tahu, ternyata ia benar-benar luas pengetahuan tentang matematika yang sudah dipelajarinya. Hingga akhirnya, mungkin untuk menunjukkan kepiawaiannya, ia mengajak saya adu cepat mengerjakan soal matematika.

Mendapat tantangan itu, sebenernya saya ngeper juga. Karena saya merasa tak sepandai dirinya. Namun, karena ini namanya juga bukan lomba dan bukan apa-apa, saya sih mau saja waktu itu. Soal-soal pun dipilih secara acak dari buku kumpulan soal-soal latihan tes UMPTN* dan EBTANAS** beberapa tahun sebelumnya yang masih rajin ia bawa ke mana-mana. Kemudian, adu cepat menyelesaikan soal matematika pun dimulai.

Bagaimana hasilnya? Siapa yang tercepat?

Ternyata benar, dalam beberapa menit saja, teman saya itu berhasil menyelesaikan semua soal yang sudah dipilih tadi (karena yang dipilih cuma 3 soal sih). Dan ia keluar sebagai yang tercepat, menjadi pemenang. Sedangkan saya, satu soal pun belum mampu saya selesaikan. Waktu itu, saya terlalu berkutat dengan soal nomor pertama yang lumayan sukar untuk ukuran saya waktu itu. Walau sudah dengan segenap kemampuan saya berusaha menyelesaikannya, tapi ternyata, sampai waktu habis belum ketemu juga. Saya pun mengakui kelebihan dan kehebatannya.

Dengan sedikit malu-malu, saya bertanya padanya tentang soal yang belum bisa saya selesaikan tersebut. Sambil saya tanyakan pula kenapa ia begitu cepat bisa menyelesaikan soal-soal tersebut. Soal yang waktu itu belum bisa saya selesaikan adalah seperti berikut ini.

Soal: Bila a + 1/a = 5, maka nilai dari a3 + 1/a3 =…

Dengan cepat teman saya itu pun menyelesaikan soal tersebut seperti berikut ini:

a3 + 1/a3 = (a + 1/a)3 – 3a.1/a(a + 1/a) = 53 – 3(5) = 125 – 15 = 110.

Melihat cara penyelesaiannya, saya hanya bisa melongo waktu itu. “Cuma satu baris? Padahal saya mencoba menyelesaikannya berbaris-baris, dan belum ketemu juga”, itu yang ada di pikiran saya. Kemudian, saya pun bertanya ke teman saya itu, kenapa cara pengerjaannya seperti itu?

Dengan senang hati, ia pun menjelaskan ke saya. Ia katakan bahwa, soal semacam tersebut dapat dengan mudah diselesaikan dengan rumus “cepat” berikut ini.

a3 + b3 = (a + b)3 – 3ab(a + b) ………………………………..(1)

Dengan mengganti b dengan 1/a, katanya, maka soal tadi dapat diselesaikan dengan cepat seperti yang sudah dikerjakannya tadi.

Saya yang tak terbiasa menggunakan rumus “cepat” ketika di SMA dulu, penasaran ingin tahu alasan kenapa rumus “cepat” tersebut bisa dipakai. Tapi sayang, teman saya itu tak memberi tahu saya. Malahan ia menambah lagi rumus cepat yang sudah ia ketahuinya, yaitu:

a3 – b3 = (a – b)3 + 3ab(a – b)……………………………….(2)

Akhirnya, ngobrol-ngobrol pun beres. Ia bergegas pulang menuju kost-kost-annya. Saya pun begitu, pulang dengan rasa penasaran yang mengganjal.

Di kost-kost-an, dengan penuh rasa penasaran ingin tahu, saya pun mengutak-atik rumus “cepat” yang telah ia gunakan tersebut. Setelah beberapa waktu lamanya, akhirnya, terpecahkan juga rahasia rumus “cepat” yang dipakai teman saya tersebut. Saya berhasil menelusuri asal-muasal rumus “cepat” tersebut, berhasil menguak rahasianya. (Duh rasanya begitu senang sekali, tak bisa saya ekspresikan dengan kata-kata).

Hasil penelusuran saya tersebut, setelah saya rapikan, seperti berikut ini.

(a + b)3 = (a + b)2(a + b)

= (a2 + 2ab + b2)( a + b)

= a3 + a2b + 2a2b + 2ab2 + b2a + b3

= a3 + b3 + 3a2b + 3ab2

= a3 + b3 + 3ab (a + b)

Jadi, (a + b)3 = a3 + b3 + 3ab (a + b).

Sehingga, a3 + b3 = (a + b)3 – 3ab (a + b). Rumus “cepat” (1) dapat saya buktikan kebenarannya. Kemudian, dengan cara serupa, saya pun berhasil menelusuri asal-muasal rumus “cepat” (2).

Walaupun apa yang telah saya lakukan tersebut sederhana, tapi bagi ukuran saya waktu itu adalah sesuatu yang menggembirakan hati, menyenangkan pikiran, dan memuaskan dahaga keingin-tahuan saya.

Sejak saat itu, bila ada rumus-rumus “cepat” yang saya temui di buku-buku bimbingan tes, saya pun terpacu untuk menelusuri asal-muasalnya. Dengan cara seperti itu, saya seringkali berhasil memecahkan rahasia rumus-rumus “cepat” yang selama ini beredar luas di kalangan siswa yang mengikuti bimbingan test.

Baiklah, segitu dulu saja ceritanya ya…, lain kali insya Allah saya akan membahas baik-buruknya penggunaan rumus “cepat” (Ada satu cerita yang sangat menggelikan tentang hal ini. Mau tahu? Silakan tunggu di postingan mendatang…). Sampai di sini dulu ya…, mudah-mudahan bermanfaat.

Sebagai bahan latihan untuk Anda, cobalah telusuri asal-muasal rumus-rumus “cepat” berikut ini.
Persamaan garis yang melalui titik (0, a) dan (b, 0) adalah ax + by = ab.
Perhatikan gambar berikut. Panjang PQ dapat ditentukan dengan mudah, yaitu:

PQ = (AP. DC + DP. AB)/(AD)

Catatan:

*UMPTN: Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (Saat ini namanya SPMB)

**EBTANAS: Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (Saat ini namanya UAN)

========================================================

Update: Artikel ini bisa juga dibaca di sini.

========================================================

Update:

Makin hari, makin banyak orang-orang yang secara tidak sopan menerbitkan ulang artikel saya ini. Mereka mempublikasi ulang tanpa menuliskan nama penulis dan sumbernya dan tidak memberi link sama sekali. Oleh karena itu, bila Anda menerbitkan ulang artikel ini, tolong minta ijin terlebih dulu ke saya. Bila Anda tidak minta ijin, saya tidak rela, saya tidak ikhlas, saya tidak mengijinkannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih!!!!

412 Comments

Filed under Harapan, Matematika, Matematika SMA, Pembelajaran, Pendidikan, Pendidikan Matematika

Like
One blogger likes this post.

412 Responses to Rahasia Rumus-rumus “Cepat” Matematika
Count of Madness
July 3, 2007 at 1:25 pm

Wah… gilee…. rumusnya memang cepat banget….

Bung.. sering sering masang asal muasal rumus-rumus ya… maklum suka butek kalau pake rumus “cepat”…

BTW, Salam kenal…
Reply
iemauree KenZee
April 26, 2010 at 12:36 pm

Kak, rumusnya diperjelas c bagian bagiannya,,,
adxQ mo ujian kelulusan ne, tingkat SD, low bisa up loud ke FB,,,
Reply
DiN
July 3, 2007 at 8:23 pm

1. Persamaan garis lurus: y = mx + c, dengan kemiringan (m) = (y1-y2)/(x1-x2).

2. Dengan asumsi bahwa DC sejajar PQ sejajar AB, garis AD akan berpotongan dengan garis BC di titik O, membentuk segitiga ABO.

Selanjutnya terserah Anda.
Reply
lutfi
December 14, 2010 at 5:38 am

coba perlihatkan caranya…..
Reply
Heri Setiawan
July 4, 2007 at 1:34 am

Bingung sayah… lama ndak otak atik rumus…
Reply
saraswati
November 13, 2009 at 10:34 am

aduh…. kok saya tambah bingung? bikin pusing!!! he…he…he…
Reply
ima
January 22, 2010 at 5:34 am

saya jg bingungnggggggg
saraswati
November 13, 2009 at 10:38 am

saya minta rumus matematika yg lebih banyak ya!!! supaya tambah pintar !!! :>
Reply
larasaty
May 6, 2010 at 10:11 am

saya mohon untuk bisa rumus matematika supaya saya bisa membanggakan orangtua saya !!!!!!!!!!!!!!!!!!! amin……………………..
aviivvaaa
January 24, 2011 at 2:55 pm

saya jggaa ingin lbhh banyakk llggii tahuu tentang mtkk
Anonymous
November 20, 2010 at 6:04 am

bgo jach loe eah
Reply
aviivvaaa
January 24, 2011 at 2:57 pm

sayyaa ingin sekalliii membanggakan orang ttuuaa syyaa
saya ingin jdiiee suksess ….
antosalafy
July 4, 2007 at 2:19 am

mathematicse | y_saeda@yahoo.com | mathematicse.wordpress.com | IP: 145.97.221.153

Sudah terbongkar yah…? Eh jangan dimoderasi dunk…
Reply
ahmadkamil
March 14, 2010 at 3:46 pm

good..good..semakin banyak orang yang pintar dinegri ini kan semakin yahut.
Reply
zarkasy
July 4, 2007 at 4:03 am

wah terlambat. gw baru siap UMPTN
Reply
bunga
November 8, 2010 at 8:40 am

klu saya klu rumus2 mtk bisa aja,tpi kta hrs slalu belajar dgn giat.okeeeeeeeeeeeeee
Reply
annisa
December 5, 2010 at 2:07 am

saya mohon rumus matematikanya
okah
July 4, 2007 at 11:44 am

waduh saya terlalu low untuk mikir rumus, namun sebagai guru matematika ya mesti ngadepin rumus. sayang belum nemu yang super praktis kayak di bimbel
Reply
Al Jupri
July 4, 2007 at 7:27 pm

@Count of Madness: insya Allah…salam kenal juga…
@DiN: kaya iklan yah…”selanjutnya terserah Anda juga”.. hehe..
@Heri Setawan: Jangan bingung yah…
@antosalafy: makasih sudah berkunjung…
@zarkasy: oh ya..?
@okah: super praktis? Hmmh.. insya Allah kapan-kapan saya akan buat postingan rumus-rumus super praktis… hehe…
Reply
Ahmad
November 10, 2009 at 2:41 pm

mas tolong yang gampang dulu yang dasar dulu dong!! soalnya saya lemot..tapi saya mau belajar..makasih!! salam sama keluarga.
Reply
Anonymous
December 16, 2009 at 1:45 pm

tambahin dong rumus-rumusnya…
agar aku lebih paham lagi….
Anonymous
December 24, 2009 at 6:28 am

Akuu uga’ mas tlongg ….

Coz, aq mauu ulg’Niphh!!
daNtiii
December 24, 2009 at 6:27 am

Mm…

Rumuzz piTagoRazz bKindd KpaLaa’Q boTaak, , , ???
Reply
hollad
December 16, 2010 at 9:01 am

hey …. ….

hebaT bangeT … ”

belajaeR dari mana thu rumuS thu semua .. … ? ?

laenn kaLe kaSih tao lge rmuS yg laEn …..

tHaNKz ” .. ..
Reply
little_@
July 5, 2007 at 5:17 am

musim SPMB, mengingatkanku setahun yang lalu. saat aku berjuang memecahkan soal2 yang cukup memecahkan kepala. aku sakit 3 hari setelah itu gara2 soal matematikanya yang kalo dikerjakan dengan konsep membutuhkan waktu yang lama, dan uraian yang panjang2. padahal yang perlu kita tulis hanya satu arsiran pada opsi abjad A-E. sempat menyesal kenapa tidak pernah ikut bimbingan tes, sehingga dapat rumus2 praktis. tapi setelah pengumuman yang menyatakan aku lolos … aku mulai menghapus penyesalan dan meninjau ulang… bahwa rumus praktis tanpa kita selidiki asal muasalnya adalah pembodohan.
aku tunggu ulasan pak Jupri mengenai plus minusnya penggunaan rumus cepat.
aku pernah membahas (menulis)tentang ini di newsletter kampus (edisi juni 2007). kira2 sama ga?
Reply
DINA
December 2, 2010 at 6:00 am

SAYA MAULA DINA MASITOH SAYA MAU TAU CARA RUMUS MATAMATIKA CEPAT UTK UJIAN
Reply
Ersis Warmansyah Abbas
July 5, 2007 at 5:20 am

Bagus, matematika itu menarik. Guru-guru kitalah yang membuat jadi rmit dan tidak mearik. Sudah baca flying boook Fahmi Idris? Tu tu pakar matematika Islam dari Universitas Islam Negri Jakarta (IAIN Jakarta). Sayang saya diberi CDnya oleh beliau jadi susah nih ngasiin ke sampeyan. Sangat menarik. Al Qur’an dan segala kejadian di jagat raya ada rumusan matekatiknya.
Reply
deleted
December 24, 2009 at 6:30 am

Makanyaa jgandd pkundd dundt ,,,

Msih muda kog dag pikunddz !!!
Reply
doeytea
July 6, 2007 at 12:15 am

Wah, kalau waktu SMA dulu soal-soal beginian menjadi hobi saya nih. Tapi kalau sekarang baca soal-soal gitu kok mumet ya?
Reply
agusset
July 6, 2007 at 8:02 am

hehehe… rumus cepat, rumus yg banyak diajarin di tempat bimbingan belajar. manfaatnya emang bagus buat ngerjain soal UMPTN. saya pun dulu banyak belajar rumus cepat waktu mau UMPTN
Reply
ndarualqaz
July 6, 2007 at 1:11 pm

hiyaaaaaaaaaa….. atut, baru mbuka langsung di sodorin rumus sebanyak ini….
Reply
Yari NK
July 6, 2007 at 10:49 pm

itu gambar di atas AD = BC?
Reply
ansri
July 7, 2007 at 3:47 am

emang bener yah kalo kita bisa mecahin masalah matematika, bangganya ga nahan… heeem
Reply
Al Jupri
July 7, 2007 at 11:42 am

@little: Ya, bentar ya… tunggu saja…
@Ersis Warmansyah Abbas: Belum Om…, saya belum baca buku itu…Mudah-mudahan ntar saya bia membacanya..
@doeyta: Mumet? Mungkin udah lama ga ngutak-atik…
@agusset: ?
@ndarualqaz: ga, ga banyak kok…
@Yari NK: panjang AD tak harus sama dengan BC. Cuma di gambar ini memang kebetulan sama… (Makasih atas pertanyaan bagusnya…)
@ansri: ya setuju…
Reply
Hamid Alaydrus
July 7, 2007 at 4:28 pm

It’s OK. Saya punya masalah nih. Tiga belas tahun saya mengajar fisika (private ataupun kelas), mencoba berbagai cara agar siswa meningkat kemamapuan matematikanya, akhirnya saya berkesimpulan : tidak ada cara meningkatkan kemampuan matematika siswa. Kesimpulanpun berlanjut, tidak ada cara meningkatkan kemampuan fisika-hitungan siswa. Gimana, setuju engga’ ? [kebalikannya : ada cara menumbuhkan kreativitas-fisika siswa].
Reply
Yung Mau Lin
July 8, 2007 at 3:35 am

Mengomentari statement Sdr.Hamid Alaydrus.Sebenarnya kemampuan ilmu apapun bisa ditingkatkan kepada siswa,tetapi dengan kondisi:Siswa harus benar2 ada minat belajar dan guru sungguh2 mengajar dengan tulus dan cerdas,itu saja.Jika siswa pada malas,setengah dewapun guru itu tak bakalan bisa mengdongkrak kemampuan siswa.Satu hal yang harus diperhatikan juga peningkatan kemampuan seseorang itu akselerasinya bisa berbeda-beda karena bakat setiap orang itu juga beragam,misalnya A mungkin lebih cepat pintar jika diajari matematika,tetapi kalo diberi pelajaran bahasa ia butuh waktu lebih lama untuk memahaminya.Jika ada pendapat saya yang keliru,mohon diperbaiki.
Reply
Al Jupri
July 9, 2007 at 9:54 am

@Hamid Alaydrus:Selaku guru sebaiknya kita tak boleh menyerah…
@Yung Mau Lin: Setuju. Peran guru sebenernya adalah bukan mengajari atau menyuapi siswa, tapi menggiring siswanya agar mau belajar mandiri, bekerja keras. Setuju juga, kemampuan siswa menyerap peljaran itu berbeda-beda, ada yang relatif cepat adapula yang lebih lamban.
Reply
fisto
July 9, 2007 at 4:01 pm

ooo gitu ya…gile bener2 udah gak inget semua nih rumus2 gituan…udah 10 tahun ditinggalin…
Reply
wahyu budi nurgoho
January 20, 2011 at 2:16 pm

saya minta donk caranya matematika cepat kirimin ya mas di alamat ini :v
:p
Reply
IMA
July 11, 2007 at 6:14 am

LANJUTKAN ! PASTI ADA HIKMAHNYA
Reply
IMA
January 23, 2010 at 6:15 am

Kita harus berusaha untuk menunjukan yang terbaik,karena kita mampu mengerjakan sesuatu yang susah tapi kalau kita berusaha sekuat mungkin. Itu saja tips yang bisa saya sampaikan. Lebih dan kurangnya mohon di maa fkan
Reply
cen
August 23, 2010 at 4:58 am

matematika itu rumit!
gimana sih caranya agar kata2 itu hilang bagi para pelajar jaman sekarang? dan apa benar ketidak sukaan pada guru yang mengajar itu berpengaruh?
Anonymous
March 21, 2010 at 9:58 am

assalamualaikum…. saya adalah orang yang sangat bingung dengan pljrn matematika.. bagaimana asal mula anda suka dengan matematika krn saya mrs tertantang dngn matemtika mskpun saya tdk bisa/gagap dngn pelajaran ini. from: RODLI HARIYANTO.PASURUAN . JATIM
Reply
Dicky Firmansyah
July 13, 2007 at 7:22 am

Sepakat, cara terbaik menyikapi “rumus-rumus cepat” adalah melakukan “rekonstruksi”, artinya selidiki asal muasalnya. Pada akhirnya kita tidak merasa lagi itu sebagai rumus cepat, tapi ya biasa-biasa aja.
Sedangkan, cara terburuk adalah dengan menghapalkannya, karena dengan itu bukan kecepatan yang diraih, malah kesesatan. Salah satu kesesatannya adalah karena berpikir itu rumus cepat, padahal itu rumus biasa-biasa saja.
Blog ini hebat, dan bisa jadi suatu “center” untuk mengungkap “kepalsuan” berbagai rumus-rumus biasa yang “sok cepat” hehe…
Menurut saya, yang harus dilatih adalah bagaimana berpikir secara cepat…bukan berpikir dengan menggunakan rumus “cepat”.
Salam kenal!
________
Al Jupri says: Setuju. Terimakasih ya. Dan salam kenal juga…
Reply
Anonymous
September 30, 2009 at 12:29 pm

BENTUK ALJABAR
Reply
Hassan’s unsur
July 21, 2007 at 2:08 pm

Knp seh rumus2 cepat sprti ntu seolah2 tabu diblajarkn di sekolah2,apa krn gurunya tkt kalah pintar yah,hehe..
Bermanfaat skali bila qta dpt menyikap kelemahan dan kelebihan dr rumus cepat trsbut seyogyanya qta jd tdk salah kaprah dlm menerapkanny..
Ada yang bilang,pnentuan horoskop,astrologi,ramalan dsb
materinya diambil dr hsil perhitungan melalui rumus2 yg udah dipatok,bener ga seh?
Makaseh yah sbelumnya
(wong deso: tjiandjoer)
___________
Al Jupri says: Bisa jadi guru di sekolah itu khawatir siswa-siswanya nanti hanya menghafal rumus cepat, jadinya tidak diajarkan. BIsa jadi juga guru-gurunya belum tahu tentang rumus cepat. BIsa jadi juga gurunya tahu rumus cepat, namun belum tahu asal muasalnya.
Klo tentang astrologi, horoskop, saya belum tahu… Hehe…
Makasih juga….
Reply
eNPe
August 1, 2007 at 5:29 am

wuihhh..keren bgt!nambah ilmu baru nh. laen kali posting lagi ttg rahasia mtk ya thx
Reply
Anonymous
August 9, 2010 at 5:42 am

ajarin donggggggggggggg saya devi sd kls 3 plandirejo 02 bakung
Reply
haris
August 3, 2007 at 2:32 pm

matematika is fun
Reply
spitod
August 4, 2007 at 2:52 am

Iya ya…
kalo dicari nilai a-nya susah betul, ngga kepikir jalannya begitu.
Reply
Hermawan
August 11, 2007 at 7:59 am

Program ni memang sangat berguna bagi saya, tapi kalau lebih bagus dalam bentuk MS_WORD
Reply
yono
August 14, 2007 at 7:33 am

Pusing soal matematika sekarang sulit !!!!!!!
Reply
ismail
December 28, 2009 at 1:27 am

masahsi kah q ingin menjadi pintar metik di seluruh ind
Reply
ridan
August 27, 2007 at 2:10 am

Kalo tau banyak soal rumus cepet mungkin bisa jadi pada saat psikotes selesai hanya dalam beberapa menit…..
Oia, kira-kira dimana aja nih dapetin rumus cepet matematika yang dari internet…
________
Al Jupri says: Setahu saya, rumus “cepat” hanya bisa dipakai untuk kasus-kasus khusus saja, mas. Kalau ingin dapat rumus-rumus cepat, di internet ya? Maaf saya belum tahu nih…, ntar deh saya cari-cari. Kalau di dunia nyata malah banyak. Sayang, pada disembunyikan oleh mereka-mereka itu, untuk mengambil keuntungan (lewat lembaga Bimbingan Tes).
Reply
okti ananda
September 18, 2007 at 4:40 am

hmm… saya pikir dulu ya… al-a sedang mumet.kalo soal perpangkatan tiga itu insya allah saya sudaH bisa.saya paling gemar rumus matematika cepat.BTW tolong dong kirimi saya cara cepat hitung mtk, mau ikut lomba gitu….waslmualaikum
Reply
kalingga_perkasa
October 6, 2007 at 1:27 pm

perkenalkan nama saya Firda,sekarang saya duduk di bangku kelas 6 sd.Di sekolah saya sering tidak mengerti dengan pelajaran Matematika,menurut saya matematika adalah pelajaran yang tersulit.Ketika saya membuka Website ini saya jadi tertarik dan berharap rumus-rumus tercepat dan gampang dimengerti bisa membantu saya dalam hal belajar Matematika.Terima kasih
Reply
vicky
October 12, 2007 at 9:45 pm

waduh…pusing saya mah! hehehe…
Reply
cen
August 23, 2010 at 5:00 am

hehe
Reply
Romy
October 31, 2007 at 3:05 pm

rumusnya simple bange…….t.
Ada lagi ga?
Maunya seh…., rumus2 yang sudah akrab ama kita, tapi pembuktiannya yang bisa cepet nyinggung ke nalar kita.
Biasanya kita cuma ” nerimo” aja terhadap rumus yang diajari. Semisal rumus ABC. Asal muasalnya rumus itu berlaku gw ga pernah tau ampe abad ini…..
Rms apalagi ya….?
Bantuin donx….ah……………s.
Semisal : (buat anak SMP/SMU)
Mengapa 1 : 0 = tidak terhingga.
terkadang namanya anak2 (belum berpikir skeptis), yah…..iya,iya aja.
Mengapa? jawabnya: EGP!!!!
(Soalnya gw dulu gitu)
Menjelang tamat SMU, baru gw tau jawabnya…
So…….,
What gt loh..!!!!
Reply
sachroel
November 4, 2007 at 1:43 pm

mampir ikutan bingung he..he..
Reply
Polisi Latex
November 7, 2007 at 7:31 am

1. Kalau hanya ingin meyakinkan bahwa rumus cepatnya benar, cukup dimasukkan bahwa (0,a) dan (b,0) berada pada garis ax+by=ab dan mengingat fakta bahwa hanya ada satu garis lurus yg tepat melalui dua titik (tentunya disini jika a,b tidak keduanya nol)
Reply
city
November 13, 2007 at 2:31 am

wahhhhhhhh,,,meskipun aq anak smk,tapi buat matematik,pengen………….,,,,,….,..,.,,, banget punya cara2 jitu buat ngadepin soal yg rumit2 kaya’ gitu itu.Tingkatin aja nulis cara2 jitu belajar matematika cepat,,,,,,,biar kita2 juga smart kaya’ Pak HABIBI tuhhhhhhhhhhhhhhhhhhh,,,,,,,,,,,
super jeniuzzz…
thank’s,,,,,,,,,,,
Reply
city
November 13, 2007 at 2:36 am

o…….ya
bagi temen2 yg pinter rumus cepat matematika.gabung donk…..
biar aq juga tau apa sich rahasianya..orang pinter matematika itu…….
bagiku matematika itu seperti lemon ..kadang asem……………..banget
tapi juga t-o-p b-g-t skaliguz baguzzzzzzzzzzzzzz……bgt.
yukk…..belajar matematika ……..
Reply
Nee_yamzZ…
November 18, 2007 at 1:36 am

kerend dech!!!!!
Reply
Harian
November 21, 2007 at 8:43 am

saya sudah punya jawaban utk 2 soal latihan, tapi sayang ga bisa diketik di komen.

Trims artikelnya. bagus.
nulis lagi dong ttg rahasia2 matematika
________
AL Jupri says: Masa sih ga bisa diketik? Trims juga….
Reply
susanti
November 24, 2007 at 2:57 am

salut buat info rumus cepatnya, kadang – kadang diPrigama juga diajarkan
Reply
tha……..
November 27, 2007 at 7:16 am

waduh aq ga ngerti niyh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
klo nyari rumus2 sambil baca cerita khan ga asik.
plis bikinin yang ga da ceritanya dungks!
Reply
hamba tuhan
December 10, 2007 at 10:11 am

Mau ulum math. dikelas yg paling bego gw dong. gurunya tlalu pinter. rumus !!
Reply
so-care
December 17, 2007 at 9:22 am

kira- kira ada bukunya ga nih biar bias di pelajari lebih jauh tentu di rumah and di sekolah.?
_____________
Al Jupri says: Bukunya ya Pak/Bu? Kalau buku yang benar-benar membahas asal-usul rumus “cepat” sepertinya belum ada (kalau pun ada, saya belum tahu… ).
Reply
wayan agustiana
December 19, 2007 at 2:20 am

rumus cepat memang OK, but bagi saya nda cocok untuk belajar di sekolah. Paradigma pedidikan matematika skrang uda berubah, nda mesti serba instant namun lebih ke prosesnya. Para jagoan matematika kita dlm olimpiade baik tk kabupaten amp internasional masih jauh dari yang memuaskan karena dasar – dasar proses berpikir logika matematisnya jarang ditekankan. Disamping itu juga, siswa jaman sekarang maunya kan pingin “cepat”. Sebenarnya mentalnya siswa – siswa kita yang uda makin berubah dari jaman ke jaman, betul nda?
regards,
wayan
Reply
hero
December 20, 2007 at 5:21 am

aku mau nanya nih gimana rumus cepatnya logaritma,sinus,dan cara mengerjakan soal penghitungan deret aritmatika.
Reply
yusfie
January 7, 2008 at 12:45 pm

huee.. gile cpt bgt???
jadi pusink ny??

ee.. boleh tu sering2 tulisin n’ klo bisa soal2 matematika sma klas 1 nie mw penjurusan ni puyenk!!!!!!

boleh kan????
Reply
Imsaskia Setyawati Cassandra
February 8, 2008 at 5:13 am

Waah terima kasih atas rumus2nya ya………..!!!!!
Bekal buat ntar SPMB ITB sama UGM. Heeeeeeeee!
Reply
misae
February 11, 2008 at 4:35 am

wah cepet banget ya…saya sambil makan liat rumus, belum sekejap udah selesai tuh..salut-salut deh…tambahin tentang logikanya duong…
Reply
astri
March 5, 2008 at 9:59 am

Dulu w ahlinya matematika waktu SD, Karna materi SD dalam memberitahu Rumusnya sangat mudah dimengerti anak2,dan membuat tertarik pembaca, sampai2 w diberi kepercayaan guru untuk mewakili sekolah dalam berbagai lomba Matematika. Menurut saya ini bukan pelajaran buat w, tapi memang HOBBY w. Namun setelah w masuk kejenjang yang lebih tinggi dan perubahan kurikulum, w jadi enggak berminat lagi terhadap pelajaran ini karna rumus yang diberikan tak seperti rumus kurikulum yang dahulu. Tapi saya tetap menyukai matematika walau sekarang juga mencintai Bahasa Inggris.
Reply
putra
March 11, 2008 at 10:22 am

salam kenal,

klo kesulitan dalam bermatematika
atau punya sanak saudara yg kesulitan dalam bermatematika dapat menghubungi aku di 085921598723 aku biasa ngajar privat matematika,
dulu ketika sekolah aku sering mengikuti kompetisi matematika antar sekolah
jadi aku biasa menghadapi soal2 yang tidak umum

aku punya program “pasti” dimana muridku aku beri jaminan untuk lulus ujian nasional untuk mata pelajaran matematika klo ga’ lulus kukembalikan semua biaya yang dikeluarkan muridku itu.

trus juga ada program 6.5 7.0 7.5 8.0

dimana aku memberikan jaminan untuk mendapatkan nilai UN sebesar nilai2 tersebut

terimakasih

ditunggu commentnya
Reply
ryann
March 13, 2008 at 4:40 am

bagus, jg rumusnya

kirimin dulu ilmu yang lain y………………………………………

salam kenal y,,,,,,???????????
Reply
sweetly
March 17, 2008 at 4:59 am

Wow…..keren banget. pengen nih diajarin…soalnya aku tuh suka banget ama pelajaran matematika.
tapi aku kan masih dalam tahap pembelajaran jadinya aku pengen berusaha belajar supaya bisa kayak orang-orang yang pintar matematika….paling kurang kayak guruku….hehehe…
Reply
r@g@
March 31, 2008 at 7:50 am

menurut q soal matematika sekarang yng perlu dimengerti yaitu diri sendiri. Tapi meskipun begitu guru_guru jug@ H4rus menerangkan pelajaran itu sedetail_d3t41lny3 ok. Pusiiiiiiiiiiiing……………
Tapi ingat q sangat suuuuuka banget pelajaran m4t3m@t1k4.
Reply
Shendelzare Silkwood
April 3, 2008 at 3:58 am

Wah . . .
Kakak . . .
Ada Rumus cepat lain.X gak ?
Reply
nur syam
April 5, 2008 at 9:51 am

yang bikin tertarik matematika ya karena penalaran yang dikasih mengasyikan…tambahin lagi..crita mat nya
Reply
diet
April 7, 2008 at 5:39 am

mas saya mau tanya klo beli buku rumus cepat matematika, belinya buku apa ya…?
soalnya tahun sekarang aya mo ikut spmb… n sebernya saya sudah lulus dari tahun 2006…
dan skg lupa gie ,pgn ikt spmb gt..
thx y.. sbelumnya,,,,
________
Al Jupri: Mmmmh… kayaknya banyak pilihan. Dan hampir semua buku-buku yang membahas rumus “cepat” ga pernah mengungkapkan rahasianya… SIlakan pilih-pilih sendiri aja…
Reply
fajar hidayat
April 7, 2008 at 1:35 pm

saya murit sma negeri 1geger kelas XIipa4, saya juga tertarik akan rumus2 cepat ,krena di kelas setiap guru menerangkan pakai rumus yang sangat panjang, jika da waktu tolong bantu ya…..cara cari rumus cepat ? e-mail : fajar_hidayat91@yahoo.com
Reply
ali
April 7, 2008 at 3:42 pm

Lama meninggalkan matematika. Otak saya ogah diajak berpikir. Salut! sampeyan bercerita soal angka lewat cerita. Boleh nanya apa sih rahasianya berhitung cepat sistem sempoa? Ada lagi guru wanita, pernah ditayangkan di TV, yang mengajarkan matematika itu gampang dan menyenangkan. Waktu saya kecil, beberapa puluh tahun yang silam, saya membaca anak asal India, yang menyelesaikan soal berhitung dengan kecepatan luar biasa. Apa ya rahasianya? Salam.
Reply
rkj
April 19, 2008 at 3:16 am

matematika susahnya full
Reply
emi
May 13, 2008 at 2:26 am

wah…asyik ni bisa tambah pengetahuan tenteng cara cepat ngerjain soal matematika, boleh tau yang lain gak?
Reply
andyies
May 14, 2008 at 2:46 pm

masukkan titik (0,a) dan (b,0) ke persamaan (y-y1)/(y2-y1)=(x-x1)/(x2-x1),maka;
y-a/0-a=x-0/b-0
y-a/-a=x/b (dikalikan silang)
(y-a).b = x.(-a)
by -ab = -ax (tukar tempat)
ax + by = ab (tu jawabannya)
terbuktikan…….
saalam kenal………..
Reply
yulie cute
May 13, 2009 at 3:09 am

mo tanya asal usul dari rumus y-y1 : y2-y1=x-x1:x2-x1 cepetan ya nie buat tugas matematika !!!!!makacih buanget ya >>>
Reply
Rinie
May 19, 2008 at 3:20 am

Wah Keren Abiezzz…..,kalo bisa dikompliti lagi rumus-rumus nya!oke makasih ya!
Reply
atta
May 26, 2008 at 4:20 am

Cara cepat matematika ini bagus saya suka dan keren

tapi kalau bisa dikaitkan dengan tuhan
Reply
deean
May 26, 2008 at 7:11 am

Pake rumus cepat c ok-ok aja kalau emang orientasinya cuma buat menyelesaikan soal dengan cepat. Tapi soal pemahaman?hmmm, harus dipertanyakan tuh. Karena kecenderungannya orang yang pingin rumus cepat itu adalah orang yang sulit memahami masalah, akhirnya salah satu jalan biar bisa menyelesaikan soal tanpa ribet uthek-uthek adalah dengan rumus cepat. Dengan rumus cepat, konsekuensinya adalah kita harus banyak menghapal.

Padahal sebenarnya, kalau kita memahami masalahnya akan jauh lebih mudah. Cukup pegang saja rumus-rumus pokoknya. Karena banya rumus-rumus lain yang biasnya tinggal menurunkan saja dari rumus utamanya. Kalau untuk matematika, kurasa rumus cepat masih bisalah dipakai. Tapi kalau fisika?. Dalam fisika biasanya juga dikenalkan rumus-rumus cepat, terutama yang ikutan bimbel. Tapi biasanya dalam fisika, keadaan dalam suatu masalah agar rumus cepat itu bisa dipakai biasanya lebih kompleks. Sehingga jika ada bagian masalah yang diubah sedikit saja, karena tidak paham permasalahan akhirnya tidak mengerti kalau rumus itu sebenarnya tidak berlaku lagi.
Reply
sekitar matematika
November 30, 2010 at 1:01 am

setuju dengan pendapat deean, menurut saya yang justru ditekankan pada anak adalah melogika,
Reply
deean
May 26, 2008 at 7:14 am

Oh ya, untuk menguraikan (a+b)^3 bisa juga kan pakai segitiga Newton?
Reply
Hadi Ismanto
June 3, 2008 at 5:34 pm

wah-wah hebat ya
Reply
znal bassayev
June 11, 2008 at 4:13 am

wuihhhhhhh…pusing!!!!!!!!!tapi seru juga seh
Reply
firdaus
June 14, 2008 at 3:45 am

wow………………… cepet buanget bisa gak kirim semua rumus2 cepat matematika yang lain ke firdaus_log@yahoo.co.id. makasih………………………
Reply
Bais
June 25, 2008 at 2:08 am

Tlongin dunk, mw SNMPTN, tpi msh ska g ngrti sma yg nmny mtk. Bsa krimin rumus2 cepatny g? Krimin aja k camino_666@yahoo.co.uk dtunggu lho. Ok.
Reply
I MORRIES POHAN
July 7, 2008 at 5:57 am

SIAPA YA YANG MAU TOLONGIN AKU BELAJAR BAGI BAGIAN
Reply
millah
July 22, 2008 at 6:07 am

waah…saya seneng banget utak-atik soal unik,pak ya..walaupun lebih sering g’ bisanya daripada ngeh-nya tapi tetep seru ko’.Emm,da yang tw g’ buku tentang soal2 unik+penyelesaiannya.kalo ada kasih tw lewat sini mi-el53@yahoo.com
Reply
Anonymous
July 25, 2008 at 11:14 am

keerrreeeennnn aaaabbbbiiiiizzzzzz
Reply
wandi
July 25, 2008 at 4:21 pm

Lumayan juga rumus cepatnya, bisa nambah jagad rumus praktis, ya begitulah, kita memang nggak suka yang muter-muter palagi akhire malah nggak ketemu, mumet sisan, jadi rumus praktis sangat diperlukan. Hidup rumus praktiiiisss. Aku di sekolah juga selalu bahkan menekankan kepada siswaku untuk menggunakan rumus praktisku daripada rumus panjang yang ada di buku, lagian cepat n betul sih.
Bagi bloger yang lain, silakan kunjungi aku untuk mendapatkan rumus praktisnya juga di http://www.wandisukoharjo.wordpress.com. TQ.
Reply
joe
July 29, 2008 at 8:14 am

huk huk huk…….
rumus rumus
sekarang udah lupa semua rumus matematika
kalo dulu ga tau
Reply
ian’98’_ane tea
August 5, 2008 at 7:52 am

kata saya sih rumus cepat sih memang ga ada.
kalopun ada, itu karena sebelumnya dijabarkan dari bentuk umumnya atau memang banyak langkah yang sengaja dilewat karena sudah mampu menghitung tanpa dituliskan
so….yang penting berlatih…berlatih…
jadi…kunci belajar matematika … ya…belajar….dan berlatih…
kata saya sih, ga ada yang namanya berbakat matematika…kecuali bakat kubutuh..huahaahahaha…
Reply
Roni
August 14, 2008 at 2:00 am

MATEMATIKA= MAkin TEkun MAkin TIdak KAruan.

Tapi aku suka lho
Reply
Anonymous
August 25, 2008 at 1:14 am

cdgbjuigvfrhjurjkgtrgeklvhsdjgirjynbsuiiot
Reply
MeyLLL
August 25, 2008 at 1:16 am

Akyu cedih
Tak bisa matematika
Reply
Lannnnnn
August 25, 2008 at 1:19 am

Bgaimana cari rumus cpat tntang mat untuk UAN kls 9????
Reply
col
August 25, 2008 at 1:20 am

hufd. . .
yg gmpng ad g????
Reply
col
August 25, 2008 at 1:24 am

mumet..,ndhezzzzz
Reply
Lannnn
August 25, 2008 at 1:25 am

halooo
bleh gabung?
Reply
Anonymous
August 25, 2008 at 1:26 am

..Hallo..coL..?
pusing yaph..
dasar bodoh dikaw..!sni gwa ajarin..!
Reply
sundong
August 25, 2008 at 1:26 am

waduhh……

matematika cukup sulit..

nilai saya selalu jelek
Reply
nOtz
August 25, 2008 at 1:27 am

..Hallo..coL..?
pusing yaph..
dasar bodoh dikaw..!sni gwa ajarin..!
Reply
gentonk
August 25, 2008 at 1:27 am

xf sdgbfgsaxvfrgdgsfdf
suLit bgd…0mm
Reply
c_she
August 27, 2008 at 6:53 am

bingung say eum!!!!

oh y,
(a+b)3=(a+b)2(a+b)
=(a2+2ab+b2)(a+b)

yang terakhir (a+b) tuh dari mana sich???????????
Reply
!~/\/@
September 9, 2008 at 5:49 am

tolong tamba rumusnya dong yg lebih lengkap tapi kalau kayak gitu aku masih bingung.terus kasih contohnya ya!!!!!!!!!!!!!!!!,,,,,,,,…….
Reply
risetoperasi
September 16, 2008 at 6:01 am

Kenapa tidak pakai segitiga Newton ?

1 1 -> a+b
1 2 1 -> (a+b)^2 = a^2 + 2ab + b^2
1 3 3 1 -> (a+b)^3 = a^3 + 3a^2b + 3ab^2 + b^3

kalau disederhanakan, yang terakhir akan menjadi
a^3 + 3a^2b + 3ab^2 + b^3 = a^3 + b^3 + 3ab(a+b)

Jadi (a+b)^3 = a^3 + b^3 + 3ab(a+b)
atau a^3 + b^3 = (a+b)^3 – 3ab(a+b)

Kalau b=1/a maka didapatlah asal-muasal rumus ‘cepat’ tersebut
Reply
missy
September 17, 2008 at 9:57 am

met kenal, aq adl salah seorg pecandu mathematika, aq senang banget bisa sharing ma abg… wlu kbanyakan aq dah tau rumus2 yg abg ceritakan n dtgnya dr mana tp it’s no problem. siapa tau suatu saat kita bisa sharing ilmu. Terus smangat cari rumus cepatnya yach…. banyak org yg suka math tp g bnyak org yg suka math skaligus kreatif…
Reply
Bela Ronaldoe
September 29, 2008 at 3:41 pm

mas…klo pake perbandingan aj gimana bisa g’??????heheheheeee
Reply
st_steph23
October 7, 2008 at 11:01 am

hmm….Jadi, (a + b)3 = a3 + b3 + 3ab (a + b).
coba itung..hasilny 200 bukan 110 .
Reply
yka
October 10, 2008 at 2:22 pm

b1ar leb1h 5man9at ilmu mtk 1tu harus d1 b4r3n9! dng prakt3k coy,s3pert1 ilmu f151ka d1 pr4kt3kin ke R0B0TIK 0K COY!!!
Reply
Fitri
October 21, 2008 at 5:21 am

wah….hbt bgt q menang lomba matematika tp
seKecamatan juara ke-1 lho!
Reply
fadhil.n
October 27, 2008 at 12:40 pm

weh hebat banget tuh rumusnya dapet dari mana?
Reply
indra
October 29, 2008 at 5:24 am

gampang kok belajar materi faktorisasi suku aljabar
Reply
indra
October 29, 2008 at 5:26 am

coba siapa yang tidak bisa,tuliskan saja soalnya insyaallah akan ketemu problem solving ya ok.
Reply
Yudi Setiawan
October 30, 2008 at 4:19 am

penggunaan rumus cepat cukup bagus untuk memotivasi siswa. namun jangan sampai siswa diajarkan rumus cepat tanpa mengetahui asal-usulnya, coz bs jadi salah konsep.
oh iya… sy yudi angkatan ’95. mdh2an msh ingat
Reply
syafitry
November 10, 2008 at 2:16 am

gmn cieh cr bljr mTk g g nge bOcEniEn?
Reply
adit38
November 16, 2008 at 6:06 pm

waduh kang, saya punya pengalaman yang mirip dan itu membuat saya sempat minder….., terima kasih inspirasinya, saya akan menulis pengalaman2 saya juga

Thanks kang….
Reply
missjeshe
November 20, 2008 at 1:14 pm

hi… good nite and lam kenal.
saya tertarik dengan blog ini. krna saya adalah seorang mahasiswi yang mencoba mencari makan dengan mengajar privat.dan kebetulan saat ini murid saya sedang mempelajari tentang persamaan garis lurus. punya soal2 yang berkaitan dengan “pgl” ndak pak bos??? biar anak murid saya tambah maju. he… kelas 8.
thanks ya pak??
Reply
DanKerzzz
November 26, 2008 at 9:27 am

Coy Apa Lu Tau Rumus Matimatika Cepat Untuk Kelas 5 Biasa Buat adik Gua………
Reply
taufan
November 27, 2008 at 4:50 am

wah…bgs bner rms_nya..

klw bs ksh tau donk lg rumus2 cepat yg qm ktahui_dr yg susAh ampe yg mudah..

oke
Reply
ayoup
November 28, 2008 at 12:50 pm

un 2008,lulus………..amin
Reply
ayoup
November 28, 2008 at 12:53 pm

UN 2008,lulu smua…………..amiin
Reply
baruak
November 30, 2008 at 1:57 am

apaan tuh……
gue tuh sebentar aj udah selesai
gue kr rumus apaan tuh pki rhs sgl

pelajaran murahan yg ngk menguntungkan
Reply
Costarica
December 3, 2008 at 7:49 am

yah saya juga masih bingung, karena tidak adanya grafik, gimana cara ngaturnya
Reply
Costarica
December 3, 2008 at 7:51 am

boleh nggak ngasih contoh grafiknya, cuma gitu-gituan bikin aku jadi pusing
Reply
IWAN
December 5, 2008 at 10:20 pm

Aaduhh>>
Iwan Psing Bgt Ma MTKA!!!
TLONG DONG KrIMn Rumusnya
Reply
IWAN
December 5, 2008 at 10:22 pm

Aaduhh>>
Iwan Psing Bgt Ma MTKA!!!
TLONG DONG KrIMn Rumusnya
Reply
fikri
December 14, 2008 at 10:48 am

jago bgt lah aq pingin bis ajarin aq pernah menang juara matematika ke 4 se kota bdg salam kenal
Reply
Ridwan
December 16, 2008 at 8:46 pm

salam kenal ya mas al-jupri.
salam juga bagi yang mencintai dan membenci M 4 th 3 m 4 T h1 c
Reply
bengkok
December 22, 2008 at 2:15 pm

ajarin donk rumus bentuk akar perpangaktan yg pake per1 an pls lo ngert gurunya riwet ngajarin nya
Reply
bengkok
December 22, 2008 at 2:21 pm

tolong ajarin ya om perpangkatan ga ngert

gw soal yg di kasinya sussah amat sih

padahal cuma d suruh menyerdehankan doank
Reply
aman
December 26, 2008 at 7:36 pm

matematika itu bagaikan sate
Reply
RayBraynt
December 30, 2008 at 2:46 am

mas sya mnta rumusnya d perbanyak lagi
Reply
Adriano Minami
January 4, 2009 at 12:20 pm

Ini rumus yang saya pake di sekolah
Reply
sihab
January 8, 2009 at 12:17 pm

istimewa,,….,,.
ada rumus cepat yang lain gak…
Reply
kusmiadi
January 12, 2009 at 3:42 am

kalo ada rumus cepat dan praktis, tolong kirimkan. makasih atas infonya.
Reply
putri keyla
January 13, 2009 at 6:19 am

saya mau rumus SD
Reply
dgjahdsjk
January 13, 2009 at 6:19 am

asjdgyhafiujidgau
Reply
rizki akhirin
January 13, 2009 at 6:22 am

klo ada rumus yg cepat dan praktis kirimin dong
Reply
hikarina
January 22, 2009 at 6:13 am

waaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhh hebat…………… lebih hebt lagi kalo lebih banyak……….
Reply
zul
January 26, 2009 at 2:58 am

Jika soalnya pilihan berganda dapat dipakai rumus pendekatan.
Caranya:
misal a=5 maka 5 + 1/5 =5.2 > 5 kelebihan .2 maka ambil 4.8
maka 4.8^3 = 110.6
lumayan cepat dan cocok buat yang suka pusing dg a x b: (1/a + 1/b) dan semacamnya.
salam,
Reply
EGIX
January 29, 2009 at 7:12 am

wow…. pintar!!!!
Reply
erny
January 30, 2009 at 2:30 am

mana rumus-rumus matematikanya……..!!!!!!!!

please………

gw mo dounload
Reply
arlanq
January 31, 2009 at 12:03 pm

tlong kasih lenkap rumusnya donk
Reply
AQil_Alhilmi
February 1, 2009 at 3:43 am

euw beneran hbs bljr mtk q jd kenyang nich!!!
Reply
akhyat hlmi
February 1, 2009 at 3:45 am

buat umat matemathicholic jangan pernah nyerah 2 learn more yaah!!!
Reply
Komunitas Online Mahasiswa BK (KOMBK) STKIP PGRI Pontianak
February 4, 2009 at 1:12 pm

Bagi2 ilmu kok nggak iklas..!! he3
iklasin aja om biar dapat pahala..he3
& yang penjiplak juga nggak tw diri tuw..
Reply
arul malindo
February 4, 2009 at 2:26 pm

untuk anak sd nya mana mas…………
Reply
waluyosh
February 6, 2009 at 10:20 am

Mas Al Jupri oce juga nich n tolong donk kalau ada methoda jarimatika kirimin ke email saya. Tks sebelumnya
Reply
azkia
February 8, 2009 at 3:27 pm

3a.1/a(a + 1/a) kok bisa jadi 3(5) mas???
tolong dunk jelasin…
^^
Reply
azkia
February 9, 2009 at 5:11 am

ndak perLu mas,,,
setelah di lihat” lagi
akhirnya saya ngerti dari mana dapetnya!!!
okeh…
Reply
zul
February 10, 2009 at 10:26 pm

Pak Al Jupri mungkin ada yang punya rumus cepat untuk soal berikut:

x + y + z = 1
x^2 + y^2 + z^2 = 5
x^3 + y^3 + z^3 = 10

Berapa x^4 + y^4 + z^4 = ?
Salam,
Reply
achmad ramdhani
February 12, 2009 at 2:25 pm

duch bentar agie un nich, rumus nya banyak banget..
Reply
ivan
February 19, 2009 at 6:50 pm

Bullshit ni semua, kita ga perlu memperdebatkan masalah rumus cepat rumus lambat kek atau rumus setengah mati… ga jaminan tu semua. Kita ga usah ribut2 urus masalah rumus, tapi gimana elo semue ngerti gimana memahami hidup. Karena belajar untuk bertahan hidup. Indonesia kacau ….. banyak anak2 negeri ini yang pinter, smart bahkan jenius tidak dihargai sama sekali… Jadi buat apa???? Sementara mutu pendidikan indonesia di asia tenggara malah ga ada artinya dibandingkan negara lain. Tingkat SMU mereka setara dengan S1 di indonesia!!!! Ga malu apa kita memperdebatkan ilmu kita yang hanya secuil … Mereka aja kalem !!! Pantes kita masih bodoh2 dan juallah satu persatu negri ini manusia2 bodoh!!!!!
Reply
RULLY
February 20, 2009 at 11:19 am

Ass Wr Wb.
Saya mmg sdh tak muda dan tak belajar lg, bgku skolah sdh 23 thn, pd wkt sklh sy snang smgt dgn matematika, ttp hasilnya tak prnah baik, sy terima pljran dan olah sendri ttp gak prnah dpt, bertanya pd guru sekali – dua mmg tak mengapa tp lebih dari itu malah kena marah, bertanya pd tmn tak ada yg memberitahu , mau kursus tak ada biaya,semangat mengetahui terus terpendam sampai saya jumpa dgn ruang anda ini. saya berterimakasih dgn anda yg mau berbagi ilmu, andaikan ada rubrik anda disaat itu. terimakasih mas Jupri.semoga ilmu yg anda bagikan ke kami terus bermanfaat.
Reply
della milati rahma wati po wati
February 22, 2009 at 10:38 am

bagus tambah banya donx
biar bisa tau semuanya
Reply
hadyasto
February 24, 2009 at 5:17 am

Gi mana sich tips /caranya nyiptain rumus matematika….! thanks.!
Reply
hadyasto
February 24, 2009 at 5:20 am

Gi mana sich tips /caranya nyiptain rumus cepat matematika (sma)….! thanks.!
Reply
yusfi
February 25, 2009 at 6:52 am

qwh itwh pngen bgt ngerti tentang mtk…
soalnya qwh ga bisa….
kasih solusi donk,,biar qwh bisa ngerti….
Reply
setiawan
March 2, 2009 at 6:25 am

aku suka jln pintasmu…
Reply
cici
March 5, 2009 at 3:31 am

assalamualaikum

saya mau minta contoh-contoh soal matemnatika untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa
Reply
alreadypass
March 7, 2009 at 8:15 am

bagus pa,,,,berpikir analisis semenjak dini…hehehe
tapi bagaimana caranya menyatukan intuisi dan penggunaan matematika yang digunakan tentu saja untuk menyelesaikan masalah matematika?

n one last question
bapa biasanya dalam sehari, berapa lama biasa membaca buku matematika????

budi &
annisa
Reply
edi
March 8, 2009 at 3:53 pm

wah apa hanya itu aza, kalo bisa sih ditambah yups
Reply
vhyDyn
March 9, 2009 at 5:57 am

gmN cie Cranya spy bs cepat dlm bkjr matematika ??
Reply
whinieka
March 10, 2009 at 7:11 am

gimanasich cara mengatasi agar kita tidak takut dengan pelajaran matematika
apalagi kalau gurnya Gualak
Reply
elsa
March 10, 2009 at 12:05 pm

aduhhhhhhhhh gue blm ngerti ne. tentang rumus cepat matematika.tolong di jelasain lg ya……… saya ingin sekali untuk mengetahui tentang rumus matematika secara cepat…………okkkkkkkk tank’s ya………. salam kenalan dari gue elsa
Reply
elsa
March 10, 2009 at 12:17 pm

gue blm ngerti ne tntang rumus matematika secara cepat.tolong di jelasin lagi ya……..please,,,,soalnya gue pengen bgt mengetaui tentang rumus matematika secara cepat….gmn yaaaaaaaaaaaa caranya biar bisa cpt mengerti tentang rumus matematika secara cepat……tolong bantu aq ya……..please……aq mohon km mau bantuin aq……okkkkk
Reply
almi
March 10, 2009 at 12:24 pm

hai gue almi,,,,gue pengen tau gmn cara nya,,,, agar kita cepat ngerti tentang pelajaran matematika….please kasih tau ya…… gmn caranya…
Reply
fahrudin muhtarulloh
March 10, 2009 at 6:51 pm

kq….eh…pak jupri sy math upi ’04 alhamdulilah sekarang sedang jadi dosen muda di STTI Tanjungpinang….semoga walaupun sy jauh dari JICA kampus tercinta…saya akan dapat terus menimba,,,ilmu pak jupri….lewat forum nie…btw S2nya dah beres pak?syukur klo udah mahhh mudah2an secepatnya S3,,,,aminnn
Reply
Anonymous
March 14, 2009 at 9:25 am

Pak boleh tanya?
Apa motivasi kebanyakan orang mempelajari matematika?

Wulan & Budi
Reply
ridone
March 14, 2009 at 11:20 am

butuh yang lebih bagus lagi dan praktis
Reply
CHOCOCHIP38_ICHA
March 15, 2009 at 9:15 am

rumus`a leh bagi-bagi th,, v klo leh tau, gmana sie cra wat slesain msalah mtk k semua rumus mtk byar gx terlalu bkin pusing,, pengen beud bsa bljar mtk kya hnya blajar komputer(gmpang),, gmana y???
Reply
Anto
March 20, 2009 at 11:48 am

Pak mo nanya soal M-M..
“Uang Anto dgn uang Budi berbanding 3:4, sedangkan uang Budi dgn uang Cici berbanding 3:4, jumlah uang mereka Rp.185.000.Berapakah jlh uang Cici..?
Ini soal kls VI (try out), sy kelas VI SD Pak…sy bingung cari jawabannya…tlg y Pak…semoga tambah maju blognya….tx
Reply
bakhtiar affandi
August 9, 2009 at 8:55 am

perbandingan uang anto:Budi:cici = 9:12:16 uang cici=16/37 x 185.000 = 79.999 dibulatkan menjadi 80.000
Reply
adila
March 21, 2009 at 5:04 am

askum pak…
sya dila sya mw nanya g’mna cy cranya kta bsa cpet bsa pel matematika…?????

kcy tw yuah pak coz mw un ney…
Reply
henn
March 21, 2009 at 2:20 pm

andyies
May 14, 2008 at 2:46 pm

masukkan titik (0,a) dan (b,0) ke persamaan (y-y1)/(y2-y1)=(x-x1)/(x2-x1),maka;
y-a/0-a=x-0/b-0
y-a/-a=x/b (dikalikan silang)
(y-a).b = x.(-a)
by -ab = -ax (tukar tempat)
ax + by = ab (tu jawabannya)
terbuktikan…….
saalam kenal………..

BINGUNG TUH mumet,,,, tahu !!!!!
Reply
Anto
March 22, 2009 at 6:03 am

“Uang Anto dgn uang Budi berbanding 3:4, sedangkan uang Budi dgn uang Cici berbanding 3:4, jumlah uang mereka Rp.185.000.Berapakah jlh uang Cici..?
Reply
zul
March 23, 2009 at 11:12 pm

@Anto: ni pak de coba jawab, tapi kita minta izin dulu dengan pak Jupri ya…
A = 3/4 B; B = 3/4 C maka A = (3/4)(3/4) C = 9/16 C
A+B+C = 9/16 C + 3/4 C + C = 9/16 C + 12/16 C + 16/16 C =
37/16 C = 185000 maka
C = 16/37 (185000) = 80000;
B = 3/4 (80000) = 60000;
A = 3/4 (60000) = 45000
Gitu ya Anto… semoga Anto jadi anak yang pintar matematika
seprti Pak Al Jupri…
Salam,
Reply
goris
March 27, 2009 at 8:40 am

yah,,,,

ada yang lebih cepat lagi gak??
Reply
vivi
April 6, 2009 at 5:02 am

i like math but why i cann’t it
Reply
Muhammad eksal ramadhan
April 6, 2009 at 9:05 am

kuuk bisa seperti itu sih aku mau dunk jadi pintar seperti kmu….
apa rahasia supa nilai saya lebih meningkat seperti teman kmu itu..???? baless ke yahoo ku yach..
Reply
dhevy_bgtz
April 7, 2009 at 9:56 am

wuih…

cpt bgtz,,

tp,musingin….

huft,,
Reply
bella aghista anggraini
April 14, 2009 at 3:16 am

maaf< saya lihat rumus – rumus yang anda tampilkan itu adalah materi rumuz matematika kelaz 9 dan saya maw donk diberi rumuz kelaz 7 tentang apa az dech pokoknya bz jd pintar & juara kelaz
Reply
arifin
April 17, 2009 at 2:17 am

mas tlng ksh rumus2 cpat dari mean median dan modus ya mas.,.,kl da jg bab limit,dan integral.,.,makasih tolong blz di emailQ ya mas…

thx..
Reply
lulus3andika
April 27, 2009 at 1:14 pm

hm… pada dasarnya smua orang itu mampu g’ sih dlam matematika. apa cuma bagi yang bisa2 aja…
Reply
sudi abara
April 29, 2009 at 9:58 am

mas, ada gak rumus cepat tuk jadi kaya,hehehe.btw aq suka jg sih ama yang namanya rumus cepat, tp kalo gak prnah diajarkan dsekolahn mana ada yang bs jawab sekian pertanyaan dengan jawaban yang sangat sulit dapatnya,apalagi soal-soal uan itu lochhhh!!!tanpa bimbingan belajar dari alam n bimbel resmi dengan pengajar yang kuasai rumus cepat yahhhhhhh pastinya mampu donk ngajarin siswa2nya tuk sukses uan,tp yang cma dsekolahn sekian jam dengan guru yang cma ikut kurikulum,ikut buku paket,n ikut moodnya aja ngajar,pastinya agak mustahil tuk mluluskan siswanya secara murni,buktinyaaa.liat aja dlapangan????//
Reply
winda yuni sari
May 29, 2009 at 9:05 am

ok de kan Q cB di rmH….

rueT juga ya….:(
Reply
Lily
May 29, 2009 at 9:14 am

Assalamu’alaikum, wr, wb..
Saya mau minta izin untuk mengcopy rahasia rumus ini, untuk saya pelajari dirumah.
Terima kasih sebelumnya.
Wasalamu’alaikum, wr, wb..
Reply
dadi
June 1, 2009 at 1:29 pm

wah sekarang sih semua pada pinter2, waktu saya sekolah th 80an dikampung jangankan tahu rumus buku satu aja untuk semua catatan. maklum blum ada dana bosssss. sekolah aja jalan kaki 10 km, disekolah 2 jam sisanya dijalan
Reply
maybe
June 4, 2009 at 12:48 pm

sabar bung….
jangan marah2 soal publikasi dunk’s…
biasalah indonesia…
sering kyk gt…
cz menarik jdnya lgsg pengen publikasi ulang
ya jdnya tanpa izin dh
jadi diajak “enjoy” aja kasih tau-nya…
sabar yah…
Reply
agung
June 14, 2009 at 6:47 am

cool men,,,,
Reply
agung
June 14, 2009 at 6:50 am

lainx buat yg lebih cepet lgi ya mas,,,,,

biar indonesia makin maju….
Reply
haseogu
June 28, 2009 at 8:25 am

mas kalau mau copy ke blog boleh ga
atau di print ke kertas terus di bagi2 ma temen boleh g:-/
diharap di jawab
Reply
nia
July 21, 2009 at 8:46 am

wah keren bAngET,,,ZzZZZz rumus na rumus tuk nak smp kelas 2 ajrin ye….
Reply
cecyl
July 24, 2009 at 11:12 am

gilaaaaaaaaaaaaaaak gue setuju banget tuh sama comment dari ivan yang tentang indonesia. bukannya mau sok bisa ya tapi mana? dari jaman ke jaman indonesia kaga ada kemajuan. cuman spik doang semuanya – -”
Reply
Setya
July 27, 2009 at 12:30 pm

Wah sip tenan nice
Reply
Tunggul Aji W.
July 29, 2009 at 3:01 am

ahh.. rumus cepat mah.. gampang bgt nyarinya… beli aja buku om son di ssc. komplit cara2 cepatnya. dari situ.. kalian juga harus bisa mengembangkan rumus2 cepat. sbb sy liat ada beberapa soal yg si pemilik buku tdk bisa mengerjakan dgn rumus cepat. mangkanya beli juga buku matematika karangan bob foster dgn konsep the king, dgn kedua buku tsb, kita bisa memadukan kelebihan setiap bku sehingga menciptakan rumus yg dahsyat… dan jgn lupa… temukan juga cara cepatmu sendiri dan dengan pemikiran jitumu……
Reply
Tunggul Aji W.
July 29, 2009 at 3:04 am

oh, ya.. jgn lupa.. klo maw buku2 karangan bob foster dgn konsep the king, beli ja di ganesha operation.. lebih murah dr pada di gramedia…jgn trima klo tdk ada rumus2 the kingnya!!!!
Reply
rEza.tom.r
August 4, 2009 at 10:47 am

saya masih duduk d bangku kelas enam sd tapi saya pintar ,tetapi sayatdk sombong dahulu sama kepintaran sy …
Reply
.muhammad.reza .fatahillah
August 4, 2009 at 10:57 am

saya sudah lama tdk ber sekolah mangkannya saya kalau di kasih rumus matematika kepala saya rasanya pusing?{@!%$&*
Reply
fitra ardani
August 5, 2009 at 10:28 am

keren banget, boleh ya buat alat bantu saya mengajar.
Reply
ayu
August 7, 2009 at 11:02 am

gimana yach cara mudah belajar Matematika aQ pucing padahal aQ juRusan matematika
Reply
fahmi
August 10, 2009 at 2:52 pm

mantap banget gan rumus @,
tetep sukses aja ya… n mksih atas ilmunya….
Reply
hendrik midun
September 9, 2009 at 10:15 am

hebat hebat… gw penggemar baru matematika. Kl ada rms2 br lg,ksh gw bcoran ya mas….
Reply
Fajar Alim
September 11, 2009 at 7:54 am

rumusnya cpt bngt smp q g tahu
Reply
Violet
September 27, 2009 at 4:14 am

sebel bgt!!! klo’ soal MATEMATIKA..!!! bisa bkn bete…!!!
Reply
Violet
September 27, 2009 at 4:16 am

sebel bgt!!! klo’ soal MATMATIKA…!!! bs bkn bete seharian!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Reply
Irving super
September 27, 2009 at 4:52 am

SANGAT SUSAH SEKALI KALI DIBERI PENJELASAN YANG SANGAT TERPERINCI
Reply
abdurrachim
September 27, 2009 at 9:35 am

salute pak.. ini ada matematika cepat juga.. http://quantumkids.net
Reply
supriyono
September 28, 2009 at 1:31 am

Terimakasih, anda telah memberikan sebuah pembelajaran yang bermanfaat, tidak hanya bagi saya tetapi juga bagi siswa saya…Ok, saya akan tunggu tulisan anda berikutnya.
Reply
kiki kurniawan
October 2, 2009 at 10:25 am

pak klo rumus pythagoras seperti sekarang beda sangat susah juga bingung aku cpe mikir nya
Reply
zul
October 7, 2009 at 2:17 am

Kalo susah ya jangang pake rumus pythagoras.

Contoh:

C=25 (sisi miring)
B=24 (sisi tegak)
maka A= akar (25+24) = 7

Mudah kan?
he..he..
Reply
loyal lohh
October 7, 2009 at 11:55 am

Wah ini memeng pelajaran yang ku suka jadi gampang mahaminya!!!!
Reply
Tania paramitha
October 8, 2009 at 2:21 pm

ayo jawab,,soal mudah kok??

Mr x datang dari inggris ke indonesia pada saat ia membeli rokok.ia membayar dengan $1 = Rp.10.000 harga rokok Rp.5.000 penjual rokok tidak mempunyai kembalian,kemudian ia menukarkan ke penjual bakso dan memperoleh 2lbr uang Rp.5.000 setelah uang kembalian dan rokok di berikan.Mr x pun meninggalkan pedagang rokok dan setelah itu pedagang rokok di datangi oleh penjual bakso untuk menukarkan uang tersebut,setelah ia tahu ternyata uang $1 tersebut palsu.

pertanyaannya : berapa kerugian pedagang rokok??
Reply
gita
October 12, 2009 at 1:20 pm

bisa gak cara penjeasannya yang lebih detail lagi, karena kami bru belajar tentang al-jabar jadi agak susah d mengerti…..
Reply
wulan
October 13, 2009 at 2:52 pm

Asalamualaikum…semoga pelajaran yg kita ambil ini bisa bermanfaat untuk semuanya……
tapi mumet juga ya kalau pake rumus2…apalagi buat saya yg notabenya baru meneruskan sekolah…
Reply
lifa says;
October 15, 2009 at 11:39 am

ko prsan q matik itu ss, trnyata gampang
Reply
amar
October 18, 2009 at 2:27 pm

im promisss
Reply
kamarullah
October 18, 2009 at 2:28 pm

its mybeautifull
Reply
yafri
October 19, 2009 at 12:11 pm

ada cara yg lebih mudah ga kan pusing ngeliat rumusnya
Reply
Anonymous
October 20, 2009 at 8:10 am

wuah…………….
buanyak’e rek……….
Reply
herman
October 22, 2009 at 3:06 pm

bagus skali………..klau bisa yg lbih banyak donk…..
Reply
cahhh……cute ……!!!!
October 26, 2009 at 12:52 pm

emg matematika i2 peljrn yang paling sulit yang prnh aq knal tp lma klamaan aq jd suka ma mat stelah aq pikir2 mat i2 iah ……………… gt dech ……….. hehe ……………. sock taw iah ………. aq niiiiieeeee ………………………!!!!!!!!
Reply
agung surya
October 31, 2009 at 11:59 pm

ada yang lebih mudah menyelesaikan soal berikut

(p x l) x (phi x r x r)=

(72746 x 72458) x (……. X 762 x762)=………………………………..
Reply
imut ja
November 3, 2009 at 7:23 am

yah……………………………q pusinng niey..q minta rumus cpat pintar dan menghitung cepatdalam mtk,,,,,,,,,,,,,,,,,???????????????
Reply
cecillia chemen
November 3, 2009 at 1:27 pm

sebenernya sy seneng bgt sma matematika, hebat banget tuh yg bisa nyiptain rumus matematika sendiri.
pastinya gampang d inget kn…

smoga sy bisa nyiptain rumus matematika sendiri ya…..

.amien.
Reply
andiblak
November 4, 2009 at 2:56 am

puening banget rumusnya tu,emangnya tu rumus untuk kelaz berapa sih …?
Reply
jwfsjncfjlwflwldnwlnndcndljncnwnjndlnlnwdnwdnnwknckmc;qklcmlcljedmjm
November 5, 2009 at 10:29 am

tternyata matematika itu lumayan susah ya
Reply
indra
November 5, 2009 at 2:48 pm

matematika ternyata memang rumit banget..,bila kita tdk mndlami nya,,& tdak menyukai nya.
Reply
adit
November 7, 2009 at 1:42 pm

mantap betul nie web..
eh kalo ‘ncari kumpulan2 rumus2 matematika yg berupa e-book dmana y???
Reply
Zakky
November 10, 2009 at 12:31 pm

hahaha I like MATHEMATICS
Reply
ananda
November 17, 2009 at 7:25 am

waduh cepat sekali cara rumus nya tadi sempat bingung,tapi bisa ngerti juga !!!
Reply
ananda
November 17, 2009 at 7:29 am

hebat banget bisa nemu rumus sesingak itu
Reply
ananda
November 17, 2009 at 7:30 am

O:) 3:) ^_^ -_- B| B)
Reply
YUKII HYORI
November 21, 2009 at 10:58 am

AqGK CUKUP PINTER EMMMMM TERGANTUNG ZAH……….BISA ATAU TIDAKNYA TP YAAAAAAAAAHHHHHHHHHHHH……….BEGIYULAH….EM SUKSES SELALU FROM ME TO YOU
Reply
reza pratama
November 22, 2009 at 1:47 am

tolong anda menunjuk rumus matematika?
Reply
echa
December 2, 2009 at 7:22 am

aku ingin tau gimana sih caranya untuk bisa cepat mengerti rumus ruas bangun.kadih tau donk?????
Reply
echa
December 2, 2009 at 7:24 am

hey mana jawabannya
Reply
echa
December 2, 2009 at 7:25 am

dasar kamu itu gaaaaaaaaaaaaaaaak bisa bacanya
Reply
sisi
December 3, 2009 at 4:30 am

aku pingin tau rumus 2x matematika donggg,plizzz
Reply
Taufik,A.
December 13, 2009 at 4:02 am

pingin tau tentang rumus matemtika yang aljabar
Reply
Taufik,A.
December 13, 2009 at 4:04 am

pingin tau rumus tentang matematika yang aljabar
Reply
lintang hani
December 16, 2009 at 5:49 am

hbattt…bngetttt…
tp, rumus-rumus matematika yg laen.na dong ..
Reply
vheea doank
December 16, 2009 at 1:47 pm

tambahin dong rumus-rumusnya…
agar aku lebih mengerti
Reply
poppy witjoya
December 20, 2009 at 8:54 am

lumayan nih….bisa buat contekan ulangan umum tahun depan…….
Reply
william hust begolia
December 20, 2009 at 8:58 am

great!I love verry much men…..its perfect for my next final test.,.,…
Reply
hans william gunawan
December 20, 2009 at 9:02 am

faq ini semua….kalo begini caranya,gw dah tau tolol…….
Reply
fingki
December 22, 2009 at 10:59 am

8t67o87yp8u8
Reply
yulia fingki
December 22, 2009 at 11:01 am

bagus tapi kok gak ada rumus balok
Reply
rierien
December 24, 2009 at 9:12 am

QpusiNKKKKKKK banget bila blajar mtk kpl q hmpir pecah…………….gamana neccccccccchhhhhhhh
Reply
ALIVA
December 24, 2009 at 9:54 am

kapan-kapan kesini ya ingin tahu apa rahasianya, kayaknya seru buat q Alamatnya Jawa Tengah, Magelang, Mertoyudan, Perum Griya Banjar Permai, kanan SMA Taruna Nusantara tahu kan hari libur ya kesana nya

Salam, manisERIZTA
Reply
a q
December 24, 2009 at 9:58 am

ha ha pinter ya loe
Reply
Anonymous
December 27, 2009 at 9:41 am

5*5
Reply
Fitri Ramadhini
January 4, 2010 at 7:08 am

AssaLamu’aLaikum…..

Saya suka bgT ma pLajaran MATEMATIKA…..

Ada buku’a gag pak…, kLo da kabar2 ya pak…., saya nungggu bgT Postingan baru MATEMATIKA…….

bintang.torres@yahoo.co.id
Nie FB saya, pak inFo kesini ya pak…

pak, bapak buka TempaT Les Juda gag dI Medan….. Pak, saya berharap ada orang-orang yang mw Berbagi iLmu MATEMATIKA’A kepada orang-orang yang berminaT ma MATEMATIKA……

Saya Tunggu kabar seLanjuTnya ya pak…, Dan kepada orang-orang Atau pun Dosen- Dosen dan Guru-guru MATEMATIKA…..

Terima kasih……

AssaLamu’aLaikum….
Reply
miftah
January 13, 2010 at 1:18 pm

pak cara rumus cpat matematika gimana sih…???
Reply
miftah
January 13, 2010 at 1:21 pm

gimana cara tips- tips mengerjakan rumus cepat matematika????????
Reply
yudo
January 14, 2010 at 12:52 am

gimana cara tips- tips mengerjakan rumus cepat matematika??
Reply
yudo
January 14, 2010 at 12:53 am

QpusiNKKKKKKK banget bila blajar mtk kpl q hmpir pecah…………….gamana neccccccccchhhhhhhh
Reply
yudo
January 14, 2010 at 12:55 am

aq lier coy no understantddddddddddddd
Reply
kuya
January 14, 2010 at 8:51 am

gak apa-apa..biarin aja yang copas gak pake nama juga ,,,yang penting anda hidup ,memberikan makna dan arti bagi orang,dan inilah anda, bisa membagi ilmu yang berguna untuk orang lain , itung-itungan antara rebutan siapa yang punya link dengan amalan tentu saja amalan yang paling utama..biarlah amalan anda semoga akan menjadi pnyelamat ketika anda telah meninggal..gak usah ributin copas lah… yang penting kita hidup di dunia saling meberi dan berarti untuk orang lain..
Reply
farikh
January 14, 2010 at 12:55 pm

wahhhhhhhhhhhhhhhhhh………………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s